Search

Senin, 14 Januari 2008

In House Training di bidang akuntansi keuangan

AKUNTANSI PRAKTIS

Tujuan

Peserta pelatihan dapat memahami siklus akuntansi mulai dari transaksi keuangan, pembelian dan hutang, Penjualan dan piutang, administrasi persediaan sampai dengan penyusunan laporan keuangan.yang meliputi Neraca, Perhitungan Laba Rugi, Arus kas, Penjelasan Pos Laporan Keuangan dan Laporan Perubahan ekuitas sehingga dapat memberikan informasi yang berguna bagi perusahaan mengenai kinerja yang dihasilkan didalam suatu periode tertentu. Selain itu peserta pelatihan mampu melakukan kontrol terhadap kegiatan administrasi akuntansi yang dilakukan sehingga dapat menciptakan suatu laporan keuangan yang handal dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya..

Komposisi materi yang dibahas:

  1. Pengenalan jenis dan bentuk laporan keuangan
  2. Siklus Akuntansi
  3. Administrasi Keuangan Kasir yang meliputi Pembuatan Laporan Kas harian dan Laporan Bank harian berikut dengan buku bantu kas dan bank.
  4. Penyusunan laporan kasir bulanan sebagai bentuk pertanggung jawaban mutasi keuangan untuk setiap bulannya.
  5. Pemahaman siklus pembelian dan Administarsi pembelian yang meliputi Pembuatan laporan pembelian harian maupun bulanan,
  6. Adminsitrasi Hutang, Pembayaran hutang dan penyusunan laporan perincian hutang untuk suatu periode tertentu
  7. Pemahaman siklus penjualan dan administrasi penjualan yang meliputi pembuatan laporan penjualan harian maupun bulanan
  8. Adminsitrasi persediaan yang meliputi pembuatan kartu persediaan dan penyusunan laporan mutasi persediaan untuk suatu periode tertentu.
  9. Akuntansi Aktiva Tetap.
  10. Pembuatan Buku Besar dan penyusunan jurnal jurnal standar dan penyesuaian
  11. Penyusunan Neraca percobaan
  12. Penyusunan laporan keuangan yang meliputi Neraca, Laporan Perhitungan Laba Rugi, Laporan Arus Kas,Laporan Perubahan ekuitas dan Penjelasan pos pos laporan keuangan.

ANALISA LAPORAN KEUANGAN

TUJUAN

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan :

  1. Peserta pelatihan mampu membaca dan memahami laporan keuangan yang dihasilkan oleh bagian akuntansi sehingga dapat memberikan informasi yang berguna kepada pihak direksi atau pemilik perusahaan mengenai kondisi keuangan dan kinerja perusahaan.
  2. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa tertentu dapat mengantisipasi kemungkinan permasalahan keuangan yang akan terjadi sehingga tidak menghambat kegiatan operasioanl keuangan perusahaan.
  3. Berdasarkan indikator analisa tertentu Peserta dapat lebih kritis didalam mengidentifikasi kemungkinan masalah keuangan yang akan dihadapi dan mampu mengantisipasi dengan berbagai kemungkinan solusinya.

KOMPOSISI MATERI YANG AKAN DIBAHAS :

1. Pemahaman umum tentang analisa laporan keuangan

2. Metode dan Jenis jenis Analisa Laporan Keuangan

3. Analisa Ratio

4. Analisa Likuiditas perusahaan

5. Analisa Profitabilitas Perusahaan

6. Analisa Solvabilitas Perusahaan

7. Analisa Operasional perusahaan

8. Analisa Pertumbuhan Usaha

9. Analisa Break Even Point (BEP)

10. Mentode penyusunan laporan hasil analisa.

AKUNTANSI PRODUKSI (COSTING)

TUUAN

Dengan adanya pelatihan ini peserta dapat melakukan pengelolaan dan kontrol biaya didalam proses produksi didalam menghasilkan suatu produk sehingga tercipta suatu pengendalian biaya dalam rangka tercapainya efesiensi biaya didalam kegiatan operasional perusahaan. Selain itu peserta pelatihan dapat melakukan perhitungan Beban Pokok Produksi maupun Beban Pokok Penjualan produk dalam suatu periode tertentu sehingga dapat tercipta standarisasi hasil perhitungan Beban Pokok yang wajar.

KOMPOSISI MATERI YANG DIBAHAS

  1. Pemahaman umum tentang Akuntansi produksi dan siklus produksi perusahaan
  2. Pengadministrasian Biaya Bahan Baku
  3. Pengadministrasian Biaya Tenaga Kerja
  4. Pengadministrasian Biaya Overhead Pabrik
  5. Administrasi Produk dalam Proses (Setengah Jadi)
  6. Perhitungan Harga Pokok Produksi
  7. Administrasi Produk Jadi
  8. Perhitungan Harga Pokok Penjualan

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

TUJUAN :

  1. Peserta pelatihan dapat mendisain dan menyusun sistem informasi akuntansi yang akan diterapkan atau diimplementasikan kedalam kegiatan operasional perusahaan, dimana sistem yang dibentuk merupakan media kontrol dan pegendali kegiatan administrasi yang dilakukan didalam kegiatan operasional perusahan.
  2. Peserta pelatihan mampu memahami kemungkinan adanya kelemahan sistem yang saat ini sedang berjalan sehingga dapat meakukan perbaikan perbaikan yang berkesinambungan dalam rangka pengamanan kegiatan operasioanl dan harta perusahaan.
  3. Peserta pelatihan dapat membuat/mendesain formulir-formulir sebagai salah satu media pengendali dari suatu sistem yang akan didisain maupun yang sudah berjalan dalam rangka perbaikan yang berkesinambungan.

KOMPOSISI MATERI YANG AKAN DIBAHAS

  1. Pemahaman umum tentang Sistem Informasi Akuntansi
  2. Pengenalan simbol simbol dalam Penyusunan dan Disain Sistem
  3. Mendisain sistem Administrsi Keuangan
  4. Mendisain Formulir dan Buku buku Administrasi Keuangan
  5. Mendisain sistem Administrasi Pembelian dan Hutang
  6. Mendisain Formulir dan buku buku administrasi pembelian dan hutang
  7. Mendisain Sistem Admistrasi Penjualan dan Piutang
  8. Mendisain Formulir dan buku buku administrasi Penjualan dan Piutang
  9. Mendisain Sitem Administrasi Persediaan
  10. Mendisain Formulir formulir administrasi persediaan.
  11. Penerapan Fungsi Kontrol dalam Sistem

Tidak ada komentar: